Minggu, 24 Mei 2015

Suatu hari di Alun - Alun Pacitan

Alun - alun Pacitan terletak di Pusat Kota Pacitan, seperti umumnya di kota-kota lain Alun-Alun Pacitan berada didepan kantor Pemerintahan atau kantor Bupati / Walikota.
Alun Alun Pacitan hingga saat ini sudah mengalami banyak sekali perubahan. Alun alun Pacitan saat ini terbagi menjadi dua bagian, bagian sisi timur merupakan taman dan arena santai keluarga. Terdapat juga permainan anak-anak di sisi ini. Tepat di sisi timur juga berjajar Kuliner Pacitan yang beroperasi dari sore hingga menjelang subuh yang menawarkan camilan ringan seperti Jadah Bakar, Tahu Bakar, Kopi, aneka gorengan dan berbagai makanan ringan lainnya. Sedangkan di sektor sebelah barat merupakan Lapangan luas yang terbagi menjadi 1 lapangan sepak bola, 1 lapangan basket disebelah utara, 2 lapangan volly di sebelah utara, dan 2 lapangan volly di sebelah selatan. Lapangan ini selalu menjadi pilihan dalam sebuah acara resmi Kabupaten maupun kegiatan - kegiatan pesta masyarakat yang digelar oleh instansi baik pemerintah maupun swasta.
Tercatat sudah banyak sekali kegiatan yang diadakan disini, mulai parade Agustusan, Pesta Rakyat Mataraman, Berbagai kegiatan dalam rangka HUT Pacitan di bulan Februari, Pagelaran Wayang Kulit (Hampir semua dalang terkenal pernah merasakan antusias dan animo masyarakat Pacitan menyaksikan pagelaran disini) Konser Musik, pengajian Akbar (Tercatat ada beberapa band dan penyanyi yang pernah menggelar konser di Alun-Alun Pacitan seperti : Jikustik, Shaden, Letto, Wali, Iwan Fals, Citra Scholastika, Rhoma Irama, Evie Tamala, Base Jam, Caffeine, Kerispatih, The Titans, Joy Tobing, Rio Febrian, Jamrud, Junior, Koes Plus, Dorce Gamalama, CB Band, Didi Kempot, Manthous cs, K.H. Ma'ruf Islamuddin, K.H. Yusuf Mansyur) dan pada jaman dulu Mantan Presiden SBY ketika masih bersekolah di SMAN 1 Pacitan, setiap tahunnya selalu bermain musik di lapangan ini. Disisi barat juga berjajar kuliner, berbeda dengan yang ada di sisi timur, di sisi barat lebih ke kuliner berat, seperti Ikan Bakar, Ayam Bakar, Aneka Juice dan es Campur, Batagor, dsb.
Pada hari Minggu pagi Alun-alun selalu ramai dengan kegiatan olahraga masyarakat, karena bertepatan juga dengan kegiatan CFD. Selain itu masih di arena CFD Alun-Alun Pacitan setiap minggu pagi mulai pukul 04.00 hingga pukul 09.00 ada Arena pameran dan Bazar Akik. Penasaran?? Ayo datang ke Pacitan........


 
Sektor Timur Alun Alun Pacitan 





 Utara Alun Alun Pacitan

 

 Kegiatan CFD di Alun Alun Pacitan





 Sektor Barat (Lapangan) Alun Alun Pacitan



Kantor Bupati Pacitan


by mas Han